Pengertian Bridge, Jenis-Jenis bridge beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Bridge Beserta Jenis , kekurangan dan kelebihannya

jenis-jenis bridge

Pengertian Bridge

Network Bridge atau jika dalam bahasa indonesia kita bisa artikan sebagai jembatan suatu jaringan yang umumnya banyak digunakan sebagai alat untuk memperluas jaringan atau pun membuat suatu segmen pada jaringan. Bridge merupakan perangkat keras jaringan yang sekarang ini tentu banyak kalian jumpai keberadaannya di tempat-tempat yang menyediakan wifi.
Bridge dapat menghubungkan jaringan komputer LAN dengan jaringan LAN yang lainnya, selain itu bridge pun mampu untuk menghubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda-beda seperti ethernet dan fast etgernet. Jika dibandingkan dengan repeater, cara kerja dari bridge memang terbilang lebih canggih meskipun apabila dibandingkan dengan router masih kalah kecanggihannya.
Bridege bekerja pada data link layer model OSI (Open System Interconnection), dengan itu bridge dapat menyambungkan jaringan komputer yang memakai metode acces control atau transmisi yang tidak sama. Lain dengan router yang cara kerjanya pada lapisan jaringan dan repeater yang berjalan pada lapisan fisik.

Fungsi Bridge

Adapun beberapa poin untuk fungsi dari bridge sendiri , namun pada umumnya fungsi bridge ialah untuk menghubungkan dua jaringan atau disisi lain berfungsi untuk memecah satu jaringan yang besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil, pada fungsi tersebut tentu akan meningkatkan performa jaringan.
Selain dari yang di atas, bridge pun mampu untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah , entah itu jaringan yang sama atau pun jaringan berbeda.

Cara Kerja Bridge

Untuk cara kerja bridge ialah memetakan alamat ehernet dari tiap node yang ada di masing-masing segmen jaringan yang memperbolehkan lalu lintas data yang diperlukan untuk melintasi bridge.
Ketika menerima sebuah paket data, bridge akan menentukan segmen tujuan dan sumbernya, jadi jika segmennya sama, paket data akan di tolak dan apabila segmennya tidak sama ataupun berbeda paket data maka akan diteruskan ke segmen yang dituju, dengan proses tersebut bridge dapat mencegah pesan rusak supaya tidak menyebar keluar dari satu segmen.
Bridge adalah alat yang bekerja pada physical layer dan juga data link layer, sehingga dapat mempengaruhi kerja dari jaringan LAN jika sering kali terjadi komunikasi yang berbeda pada jaringan LAN yang tidak sama atau pun berbeda yang terhubung oleh bridge.

Kelebihan Dan Kekurangan Bridge

Karena bridge merupakan sebuah jembatan untuk suatu jaringan, tentunya bridge sendiri memiliki kekurangan maupun kelebihan nya sendiri dan salah satu kelebihan bridge ialah, hanya bisa berjalan pada lapisan Data Link yang mana memungkinkan untuk tidak terjadinya transmisi dari satu protokol ke protokol yang lainnya.
Tidak hanya itu saja karena bridge pun mampu mendukung beberapa protokol seperti halnya NetBEUI dan LAT yang tidak mungkin untuk dilayani oleh perangkat keras seperti router.
Dengan kelebihan yang sudah admin sebutkan di atas tentunya bridge sendiri memiliki kekurangan seperti halnya tidak memungkinkannya terjadi transmisi data melalui protokol atau jalur yang berbeda. Selain itu pun bridge hanya mampu meneruskan transmisi data tanpa ia bisa menerjemahkan komunikasi antar suatu protokol dan hanya bisa meneruskan paket data jaringan satu ke jaringan lainnya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer